Skip to content

Pertamina Memimpin Penyelamatan Lingkungan Hidup

Press Release Indonesia Green Awards 2024

Jakarta, 17 Januari 2024. Penganugerahan Indonesia Green Awards ke 15, Rabu malam di Hotel Indonesia Kempinski mengungkap banyak hal menarik. Pertamina misalnya, memimpin inisiatif penyelamatan lingkungan – melibatkan masyarakat dengan program berdampak kesejahteraan – terbanyak. Tidak tanggung-tanggung, 72 unit usahanya mendapatkan penghargaan masing-masing lebih dari satu kategori penyelamatan yang dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, sehingga Pertamina dijuluki sebagai The Guardian atau Penyelamat dengan tanda penghargaan 5 bintang. Presiden Direktur Pertamina Nicke Widyawati pun dinobatkan sebagai EcoStar of The Year.

“Itulah kami, selalu memperhatikan aspek lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam menjalankan usaha,” kata Nicke Widyawati yang menyambut penghargaan ini dengan rasa syukur.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya juga dinobatkan sebagai EcoStar of The Year bersama dengan influencer Pandawara Group yang kerap beraksi membersihkan sungai dan Kabupaten Banyumas dengan prestasi membangun sentra pengolahan sampah yang menyebabkan hanya 10 persen sampah berakhir di tempat pembuangan sampah akhir (TPA).

Terungkap, dari penghargaan lingkungan dari platform non pemerintah yang diselenggarakan oleh La Tofi School of Social Responsibility juga menobatkan staf khusus presiden Diaz Hendropriyono karena menulis buku Dangerous Humans dan aktifis peduli sampah plastik Nadia Mulia sebagai The Rising EcoStar, bintang lingkungan hidup yang sedang bersinar.

Perusahaan penghasil pupuk, seperti Pupuk Kaltim, Pupuk Kujang, Pusri, Petrokimia Gresik, menapaki prestasi tinggi sebagai The Ultimate dengan 4 bintang karena meraih 11 kategori Indonesia Green Awards 2024. The Ultimate juga diraih MNC Group karena prestasinya membuat cerita perubahan lingkungan hidup dari 11 kategori yang diikuti. Peraih 2 bintang atau The Prominent dengan skor tinggi didapat oleh PT Borneo Indobara dan PT Cikarang Listrindo Tbk dengan program lingkungan yang berdampak luas. Khusus PT Borneo Indobara juga mendapatkan predikat The Rising EcoStar karena pengorganisasian yang baik terhadap tanggung jawab sosial yang berdampak masif terhadap lingkungan dan masyarakat. Sedangkan peserta terbanyak, berasal dari perusahaan BUMN dan swasta meraih penghargaan 1- 2 kategori mendapatkan predikat The Promising.

“Perusahaan BUMN dan swasta, Kabupaten Banyumas serta para tokoh berpengaruh ini menjamah bumi dengan tangannya untuk berangsur pulih. Sehingga umat manusia bisa bernafas menghirup oksigen gratis dan berlimpah. Bencana alam pun akan menjadi berkurang. Kita perlu kolaborasi terus menerus untuk melahirkan inovasi dalam konservasi alam,” jelas chairman La Tofi School of Social Responsibility, La Tofi pada acara penugerahan IGA 2024 yang berlangsung meriah.

Mewakili Menteri Perindustrian, Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI) Andi Rizaldi yang juga anggota Tim Penilai IGA 2024, meminta perusahaan untuk terus bersemangat mengembangkan inisiatif dan memenuhi standard industri hijau. Pada kesempatan yang sama, Tulus Laksono sebagai Sekretaris Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK memaparkan peran PROPER yang sangat tinggi dalam kontribusi nasional penurunan emisi (NDC). Pertamina katanya, meraih 40 persen dari pemenang PROPER Emas yang berjumlah 38. Swasta kalau jauh dari BUMN. “Sejalan dengan PROPER, IGA sebagai platform non pemerintah, terus berkembang meningkatkan kepesertaan, agar sumbangan kita semua terhadap bumi yang satu ini menjadi manfaat bagi umat manusia,” jelas Tulus Laksono.

Menjawab harapan kolaborasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut, La Tofi melaporkan bahwa IGA tahun ini memberikan sertifikat dan trofi untuk 155 program pelestarian lingkungan yang tersebar di seluruh Indonesia yang menjadi wilayah operasional BUMN dan swasta. Dominasi penghargaan IGA 2024 yang diraih Pertamina dan perusahaan pupuk perlu ditiru melalui paper-papernya yang bisa diakses terbuka melalui website kami.

La Tofi School of Social Responsibility

Untuk info kebih lanjut, dapat menghubungi Dhias Yudhiastuti, sekretaris La Tofi School of Social Responsilibility, melalui 081294757524, atau mengunjungi www.LaTofi.com | IndonesiaGreenAwards.com